Resume Tugas Presentasi IMK

Selasa, 20 April 2010

Saya dari kelompok H yang membahas tentang Errors dan Help Document.

ERRORS 
-->
-->
Dialog Komputer dan User
  ada Tiga tahap dalam membaca kesalahan :

  • Kesalahan Persepsi
         Hasil dari isyarat persepsi yang tidak memadai atau kurang cukup
-          Tampilan obyek yang secara visual mirip
-          Menandakan keadaan yang buruk
-          Kegagalan dalam menarik perhatian user
-          Kurangnya umpan balik yang dapat dilihat dengan jelas

  • Kesalahan Kognitif
         Disebabkan oleh berat memori dan kemampuan pemecahan masalah
-          Berat pemanggilan memori
-          Kurangnya bantuan mnemonic
-          Ketidakkonsistenan
-          Kurangnya konteks atau info status
misalnya,  di mana berasal dari dalam menu
-          Mental perhitungan dan terjemahan

  •  Kesalahan Motorik
         Berat koordinasi mata-tangan dan keterampilan motorik
-          Kekakuan gerakan motorik
-          Urutan gerakan yang hampir serupa
misalnya , double click, click
-          Tekanan untuk kecepatan
-          Memerlukan koordinasi tingkat tinggi antara tangan dan mata
-          Mewajibkan jenis keterampilan khusus motorik 




ada 2 riset yang dilakukan oleh 2 majalah berbeda dalam membaca kesalahan, yaitu :
         170 pengguna UNIX berpengalaman lebih dari 9 hari
-          Masing-masing perintah memiliki tingkat kesalahan dari 3-50%
                                                                                      ,Kraut et al, CHI ‘83
         300 pengguna sistem keamanan selama 20 bulan
-          12.117 pesan kesalahan
-          11 kesalahan paling umum -> 65%
-          Melibatkan 2517 kesalahan yang berulang (dengan non tanpa-kesalahan diantaranya) dalam 10 menit
è    pemulihan kesalahan buruk / membantu
                                                                         Mosteller & Ballas, Human Factors ‘89 
Slips
Jenis-jenis Slips
         1. Kesalahan menangkap - kelanjutan sering dilakukan kegiatan daripada satu dimaksudkan (serupa mulai)
-          Ketik “animation” bukan menganimasi
-          Konfirmasi penghapusan file bukan membatalkan
         2. Kesalahan deskripsi - tindakan ditujukan memiliki banyak kesamaan dengan yang lain mungkin (biasanya ketika terganggu, jarak dekat)
-          tombol ctrl & tombol caps lock / Sun & Mac
         3. Kesalahan Data driven  - dipicu oleh kedatangan dari info sensorik yang terasa menganggu tindakan normal
-          Panggilan untuk memberikan seseorang nomor, malah memanggil nomor itu
         4. aktivasi asosiatif - pikiran dalam dan asosiasi aksi pemicu
-          Telepon berdering, berbunyi "masuk"
         5. Kehilangan aktivasi - melupakan tujuan di tengah rangkaian tindakan
-          Mulai masuk ke kamar, kemudian melupakan kenapa kau pergi ke sana
         6. Kesalahan Mode - melakukan tindakan dalam satu mode, dimana  Anda berada di yang lainnya
-          Menghapus file, tetapi Anda berada dalam direktori yang salah

Pedoman Pencegahan Kesalahan
         Hilangkan mode atau memberikan isyarat yang terlihat untuk mode
         Gunakan teknik coding yang baik (warna, gaya)
         Maksimalkan pengakuan, meminimalkan pengingat
         Mendesain urutan atau perintah motorik yang tidak sama atau perintah
         Minimalkan keperluan untuk mengetik
         Menguji dan memantau untuk kesalahan dan mengaturnya
         Memungkinkan peninjauan kembali atas tindakan oleh pengguna (misalnya, menghapus file dari sampah)

-->
Documentation-Help
Dokumentasi
          Banyak pengguna yang tidak membaca petunjuk manual
-          Membosankan, tidak ada tujuan
-          Hanya terjun dan mulai bekerja
          Sering digunakan dalam mode panik, ketika pengguna membutuhkan bantuan segera
-          Manual mungkin terkunci di suatu tempat
-          Poin membutuhkan bantuan on-line dengan pencarian
          Kadang-kadang ingin referensi cepat - kartu emacs

Persyaratan Dukungan Pengguna
          Ketersediaan
-          Harus tersedia setiap saat pengguna mengoperasikan sistem
          Akurasi & Kelengkapan
-          Harus akurat (rumit dengan mengubah versi) dan harus mencakup semua aspek dari aplikasi
          Konsistensi
-          Melintasi bagian yang berbeda, antara on-line dan dokumentasi , dalam terminologi, isi dan gaya
          Kesulitan
-          Harus bisa diprediksi dan bebas dari kesalahan
          Keluwesan
-          Cocok untuk siswa melalui para ahli, mungkin dengan memiliki rincian bagian yang diupgrade
          Tidak menonjolkan diri
-          Seharusnya tidak mengalihkan perhatian atau mengganggu  alur kerja normal

Jenis Doc / Bantuan
          1. Tutorial
-          Untuk start-up
-          Mendapatkan pengguna yang melakukan
-          Menyampaikan model konseptual
-           Mengkomunikasikan  item penting
-          Kadang-kadang melihat tur on-line atau demo
          2. Referensi cepat / review
-          Pengingat atau referensi singkat
-           Seringkali untuk sintaks
-          Dapat memanggil bantuan untuk ahli
-           Dapat memungkinkan pemula untuk melihat apa yang tersedia
          3. Referensi Manual (penjelasan penuh)
-          Detail deskripsi perintah
-          Biasanya untuk ahli
-           Halaman manual Unix on-line manual, sebagai contoh

          4. Konteks-sensitif (tugas tertentu) help
-          Sistem memberikan bantuan pada situasi saat ini
-          Macintosh balon bantuan (tua), tooltips, misalnya
-          Contoh lainnya?
Pendekatan Dukungan Pengguna
          Asisten perintah
-          Rincian khusus tentang perintah tertentu, seperti orang UNIX
-          Baik jika pengguna yang tahu apa yang dia inginkan, tapi yang ini tidak selalu terjadi
          Anjuran Perintah
-          Pesan ketika pengguna melakukan kesalahan
-          Menu dan ikon jatuh di bawah kategori ini untuk gelar
          Bantuan Konteks-sensitif
-          Pengetahuan tentang pengguna tertentu untuk informasi yang berkaitan dengan situasi tertentu atau item antarmuka
          On-line tutorial
-          Bekerja melalui contoh sederhana, menyediakan perasaan untuk aplikasi

          On-line dokumentasi
-          Bagaimana mirip kertas doc?
-          Elektronik dapat menekankan hypertext, pengindeksan, dan mencari yang lainnya


Monitor
·         Penyebab slow-down
-          Keburukan font (monospace, kerning buruk "VA" spasi, buruk, ...)
-          Kontras rendah pada surat & latar belakang
-          Memancarkan vs memantulkan cahaya (tabung melengkung)
-           Tampilan kecil -> balik halaman
-          Jarak, penempatan monitor
-          Masalah tata letak dan format
-          Mengurangi tangan dan gerak tubuh

Doc Organisasi
          Tujuan pendidikan
          Menghadirkan konsep dalam urutan logis, meningkatkan tingkat kesulitan
          Hindari referensi ke depan
          Membuat bagian memiliki jumlah kira-kira sama dengan bahan
          Memiliki banyak contoh, sesi sampel lengkap
          Setiap bagian konsep:
-          Menjelaskan alasan untuk konsep
-          Menjelaskan konsep dalam tugas-domain istilah semantik
-          Menampilkan konsep semantik yang berkaitan dengan komputer
-          Penawaran sintaks
          Daftar isi dan indeks yang penting
          Tetap membaca tingkat sederhan

Meningkatkan Doc
          Jalankan melalui sesi berpikir-keras
          Gunakan contoh tutorial on-line
          Mencoba untuk memprediksi keadaan saat ini dan masalah-masalah
          Mengantisipasi kesalahan
          Mengembangkan manual awal dan uji coba
          Iteratif perbaikan

Demikian resume dari saya...
terima kasih...
 


0 komentar:

Posting Komentar

EXO - Sing a Song