Saya dari kelompok H yang membahas tentang Errors dan Help Document.
ERRORS
Dialog Komputer dan User
ada Tiga tahap dalam membaca kesalahan :
- Kesalahan Persepsi
• Hasil dari isyarat persepsi yang tidak memadai atau kurang cukup
- Tampilan obyek yang secara visual mirip
- Menandakan keadaan yang buruk
- Kegagalan dalam menarik perhatian user
- Kurangnya umpan balik yang dapat dilihat dengan jelas
- Kesalahan Kognitif
• Disebabkan oleh berat memori dan kemampuan pemecahan masalah
- Berat pemanggilan memori
- Kurangnya bantuan mnemonic
- Ketidakkonsistenan
- Kurangnya konteks atau info status
misalnya, di mana berasal dari dalam menu
- Mental perhitungan dan terjemahan
• Berat koordinasi mata-tangan dan keterampilan motorik
- Kekakuan gerakan motorik
- Urutan gerakan yang hampir serupa
misalnya , double click, click
- Tekanan untuk kecepatan
- Memerlukan koordinasi tingkat tinggi antara tangan dan mata
- Mewajibkan jenis keterampilan khusus motorik
ada 2 riset yang dilakukan oleh 2 majalah berbeda dalam membaca kesalahan, yaitu :
• 170 pengguna UNIX berpengalaman lebih dari 9 hari
- Masing-masing perintah memiliki tingkat kesalahan dari 3-50%
,Kraut et al, CHI ‘83
• 300 pengguna sistem keamanan selama 20 bulan
- 12.117 pesan kesalahan
- 11 kesalahan paling umum -> 65%
- Melibatkan 2517 kesalahan yang berulang (dengan non tanpa-kesalahan diantaranya) dalam 10 menit
è pemulihan kesalahan buruk / membantu
Mosteller & Ballas, Human Factors ‘89
Jenis-jenis Slips
• 1. Kesalahan menangkap - kelanjutan sering dilakukan kegiatan daripada satu dimaksudkan (serupa mulai)
- Ketik “animation” bukan menganimasi
- Konfirmasi penghapusan file bukan membatalkan
• 2. Kesalahan deskripsi - tindakan ditujukan memiliki banyak kesamaan dengan yang lain mungkin (biasanya ketika terganggu, jarak dekat)
- tombol ctrl & tombol caps lock / Sun & Mac
• 3. Kesalahan Data driven - dipicu oleh kedatangan dari info sensorik yang terasa menganggu tindakan normal
- Panggilan untuk memberikan seseorang nomor, malah memanggil nomor itu
• 4. aktivasi asosiatif - pikiran dalam dan asosiasi aksi pemicu
- Telepon berdering, berbunyi "masuk"
• 5. Kehilangan aktivasi - melupakan tujuan di tengah rangkaian tindakan
- Mulai masuk ke kamar, kemudian melupakan kenapa kau pergi ke sana
• 6. Kesalahan Mode - melakukan tindakan dalam satu mode, dimana Anda berada di yang lainnya
- Menghapus file, tetapi Anda berada dalam direktori yang salah
Pedoman Pencegahan Kesalahan
• Hilangkan mode atau memberikan isyarat yang terlihat untuk mode
• Gunakan teknik coding yang baik (warna, gaya )
• Maksimalkan pengakuan, meminimalkan pengingat
• Mendesain urutan atau perintah motorik yang tidak sama atau perintah
• Minimalkan keperluan untuk mengetik
• Menguji dan memantau untuk kesalahan dan mengaturnya
• Memungkinkan peninjauan kembali atas tindakan oleh pengguna (misalnya, menghapus file dari sampah)
Documentation-Help
Dokumentasi
• Banyak pengguna yang tidak membaca petunjuk manual
- Membosankan, tidak ada tujuan
- Hanya terjun dan mulai bekerja
• Sering digunakan dalam mode panik, ketika pengguna membutuhkan bantuan segera
- Manual mungkin terkunci di suatu tempat
- Poin membutuhkan bantuan on-line dengan pencarian
• Kadang-kadang ingin referensi cepat - kartu emacs
Persyaratan Dukungan Pengguna
• Ketersediaan
- Harus tersedia setiap saat pengguna mengoperasikan sistem
• Akurasi & Kelengkapan
- Harus akurat (rumit dengan mengubah versi) dan harus mencakup semua aspek dari aplikasi
• Konsistensi
- Melintasi bagian yang berbeda, antara on-line dan dokumentasi , dalam terminologi, isi dan gaya
• Kesulitan
- Harus bisa diprediksi dan bebas dari kesalahan
• Keluwesan
- Cocok untuk siswa melalui para ahli, mungkin dengan memiliki rincian bagian yang diupgrade
• Tidak menonjolkan diri
- Seharusnya tidak mengalihkan perhatian atau mengganggu alur kerja normal
• 1. Tutorial
- Untuk start-up
- Mendapatkan pengguna yang melakukan
- Menyampaikan model konseptual
- Mengkomunikasikan item penting
- Kadang-kadang melihat tur on-line atau demo
• 2. Referensi cepat / review
- Pengingat atau referensi singkat
- Seringkali untuk sintaks
- Dapat memanggil bantuan untuk ahli
- Dapat memungkinkan pemula untuk melihat apa yang tersedia
• 3. Referensi Manual (penjelasan penuh)
- Detail deskripsi perintah
- Biasanya untuk ahli
- Halaman manual Unix on-line manual, sebagai contoh
• 4. Konteks-sensitif (tugas tertentu) help
- Sistem memberikan bantuan pada situasi saat ini
- Macintosh balon bantuan (tua), tooltips, misalnya
- Contoh lainnya?
Pendekatan Dukungan Pengguna
• Asisten perintah
- Rincian khusus tentang perintah tertentu, seperti orang UNIX
- Baik jika pengguna yang tahu apa yang dia inginkan, tapi yang ini tidak selalu terjadi
• Anjuran Perintah
- Pesan ketika pengguna melakukan kesalahan
- Menu dan ikon jatuh di bawah kategori ini untuk gelar
• Bantuan Konteks-sensitif
- Pengetahuan tentang pengguna tertentu untuk informasi yang berkaitan dengan situasi tertentu atau item antarmuka
• On-line tutorial
- Bekerja melalui contoh sederhana, menyediakan perasaan untuk aplikasi
• On-line dokumentasi
- Bagaimana mirip kertas doc?
- Elektronik dapat menekankan hypertext, pengindeksan, dan mencari yang lainnya
Monitor
· Penyebab slow-down
- Keburukan font (monospace, kerning buruk "VA" spasi, buruk, ...)
- Kontras rendah pada surat & latar belakang
- Memancarkan vs memantulkan cahaya (tabung melengkung)
- Tampilan kecil -> balik halaman
- Jarak, penempatan monitor
- Masalah tata letak dan format
- Mengurangi tangan dan gerak tubuh
Doc Organisasi
• Tujuan pendidikan
• Menghadirkan konsep dalam urutan logis, meningkatkan tingkat kesulitan
• Hindari referensi ke depan
• Membuat bagian memiliki jumlah kira-kira sama dengan bahan
• Memiliki banyak contoh, sesi sampel lengkap
• Setiap bagian konsep:
- Menjelaskan alasan untuk konsep
- Menjelaskan konsep dalam tugas-domain istilah semantik
- Menampilkan konsep semantik yang berkaitan dengan komputer
- Penawaran sintaks
• Daftar isi dan indeks yang penting
• Tetap membaca tingkat sederhan
Meningkatkan Doc
• Jalankan melalui sesi berpikir-keras
• Gunakan contoh tutorial on-line
• Mencoba untuk memprediksi keadaan saat ini dan masalah-masalah
• Mengantisipasi kesalahan
• Mengembangkan manual awal dan uji coba
• Iteratif perbaikan
0 komentar:
Posting Komentar