Human Computer Interaction (HCI = IMK) merupakan studi tentang interaksi antara manusia, komputer dan tugas. Bagaimana manusia dan komputer secara interaktif melaksanakan dan menyelesaikan tugas dan bagaimana sistem yang iteraktif itu dibuat. IMK berasal dari berbagai disiplin bidang ilmu, teknik dan kesenian.
Yang Terlibat Dalam IMK :
* Psikologi dan ilmu kognif : persepsi user, kognitif, kemampuan memcahkan masalah
* Ergonomi : kemampuan memahami konsep interaksi
* Ilmu komputer dan teknik : membuat teknologi
* Bisnis : pemasaran
* Desain grafis : presentasi interface
* Dan lain-lain
Apa interaksi Manusia dan Komputer (Human Computer Interactio)?
* IMK meliputi ergonomi dan faktor manusia.
* Secara tradisional, ergonomi memfokuskan pada karakteristik fisik mesin dan sistem dan melihat unjuk kerja dari user.
* Faktor manusia merupakan studi tentang manusia dan tingkah lakunya dalam menggunakan mesin, alat-alat teknologi dalam menyelesaikan tugas.
* Interaksi + informasi = interaksi manusia ; manusia-mesin ; teknologi dan komputer.
Sejarah HCI
* Ide Digital Computer muncul pada Tahun 1700 dan 1800
* Teknologi mulai tersedia pada tahun 1940 dan 1950
Vannevar Bush
“Seperti yg telah kita pikirkan” 1945 Atlantic Monthly
“…Publikasi telah melewati batas jauh didalam kemampuan kita sekarang untuk membuat record yang dapat di gunakan dalam kehidupan nyata”
BUSH
* Postulated Memex Device
- Dapat menyimpan semua rekaman/artikel/komunikasi
- Mempunyai Memory yang lebih besar
- Pengambilan Barang dalam index,cross references
- Dapat membuat jalan melalu jalur material
- Dll.
* Penglihatan di microfilm bukan komputer
J. R. licklider
* 1960-yang mendalilkan “manusia-simbiosis komputer”.
* Pasangan otak manusia dan mesin penghitung akurat untuk revolusi penanganan informasi.
Visi/tujuan
Immed
* Waktu berbagi
* Elektronik I/O
* Interaktif, sistem real time
* Skala penyimpanan informasi besar
Intermed
* Pengenalan kombinasi suara, pengenalan karakter, editing cahaya
Long-term
* Pengertian bahasa alami
* Pengenalan suara pengguna yang sewenang-wenang
* Pemrograman heuristik
* Komputer terlalu mahal untuk timesharing individual
- Penambahan akses masuk
- Sistem interaktif, bukan pekerjaan
- Proses teks, perubahan
- Email, pembagian file sistem
Ivan Sutherland
* Sketsa – ’63 phd thesis oleh MIT
* Hirarki – gambar dan sub gambar
* Gamber asli dengan kejadian (ie,oop)
* Kejadian
* Icons
* Pengkopian
* Pena sebagai alat masukan
* Operasi berulang
Douglas Engelbart (pencipta mouse)
Hal yang menonjol system/demo :
- Hirarki hypertext, multimedia, mouse, tampilan resolusi tinggi, windows, penggunaan file secara bersamaan, pesan eletronik, teleconferencing
Alan Kay
Dynabook
- Komputer mini/laptop dilengkapi dengan multimedia dan dapat menyimpan banyak hal
Unit Tampilan Video
* Media yang lebih pantas dibandingkan dengan sebuah kertas.
* Sutherland’s sketsa sebagai yang menonjol dari sistem.
* Komputer akan menggunakannya sebagai visualisasi dan manipulasi data.
Perhitunagan Pribadi
* Sistem lebih baik jika mudah digunakan
* Kecil, mesin hebat ditujukan untuk individu
* Penting untuk jaringan dan pembagian waktu
* Kay’s Dynabook, IBM PC
* Personal computer
* ’70’s IBM PC
- Teks dan command-based
- Terjual banyak
PCs dengan GUIs, Xerox Star – ’81
Star, Apple Lisa – ’82
Apple Macintosh – ‘84
Desuperheater
3 tahun yang lalu
0 komentar:
Posting Komentar